Minggu, 09 Desember 2012

Hasil observasi SMK Tritech Informatika Medan


Nama : Deasy Anggreini Pane
Nim : 091301008
Kelas yang diobservasi : X-3
Mata Pelajaran : Kewirausahaan
Nama Guru : Yulia Amha
Waktu & durasi observasi : 11.45/30 menit
Jumlah siswa : 27 orang
Media Pembelajaran yang digunakan siswa : buku, alat tulis & laptop
Situasi fisik kelas : ruangan tidak terlalu besar, penyusunan bangku rapat, dinding samping kiri, kanan  terbuat dari triplek, dinding dibelakang siswa kaca yang langsung terhubung ke koridor sekolah. Terdapat 2 AC, 1 kipas angin, 1 buah TV yang digantung di dinding.
Alat observasi : Buku, alat tulis & tabel panduan

Tabel yang menjadi panduan apa yang harus diobservasi adalah tabel 5.5
Asumsi Tentang Desain Pembelajaran
Asumsi
Selama observasi
Pembelajaran harus dirancang untuk memfasilitasi belajar siswa individual
Selama observasi saya memperhatikan bagaimana cara yang digunakan guru dan fasilitas yang diberikan sekolah  untuk menjadikan pembelajaran siswa lebih bersifat individual
Baik tahapan jangka panjang maupun menengah harus dimasukkan dalam desain pembelajaran
Pada saat observasi saya melihat melalui cara guru mengajarkan apakah memasukkan tahapan-tahapan pembelajaran dalam desain pembelajaran yang digunakan siswa
Perencanaan pembelajaran tidak boleh sembarangan atau sekadar memberikan lingkungan yang mengasuh
Saat observasi yang saya perhatikan adalah bagaimana cara guru menyampaikan mata pelajaran, apakah cara penyajian mata pelajaran tersebut sistematis dan terstruktur.
Pembelajaran harus didesain menggunakan pendekatan sistem
Saat mengobservasi yang menjadi perhatian adalah bagaimana guru dapat menaplikasikan teori yang dipelajari ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah untuk diterima siswa.
Desain pembelajaran harus didasarkan pada cara manusia belajar
Saat observasi saya memperhatikan bagaimana cara guru agar para siswa dapat belajar dengan konsentrasi dan benar-benar mengerti akan teori yang dipelajari


Tabel yang menjadi kerangka acuan adalah :
Tabel 5.7
Deskripsi
Tahapan Belajar
Kegiatan Pembelajaran
Persiapan Belajar 
                  1. Mengarahkan perhatian



 2.    Ekspektasi

 3.     Retrieval

Guru berusaha mengarahkan perhatian murid dengan memberikan contoh mengenai kehidupan sehari-hari
Guru memberi tahu apa fungsi dari teori yang mereka pelajari
Selama proses pembelajaran, guru berusaha untuk memancing kembali ingatan siswa dari pembelajaran sebelumnya, dengan menanyakan teori/pengertian yang telah dipelajari
Akuisisi dan kinerja 
             4.     Persepsi selektif atas ciri stimulus


 5.     Penyandian semantik



 6.     Retrieval dan respons



 7.     Penguatan
Stimulus yang digunakan guru sebenarnya sama saja dengan yang digunakan guru lain disekolah lain
Guru kurang memberikan bimbingan belajar pada siswa, hanya sebatas memberi stimulus, tanpa pembelajaran lebih pasti.
Murid memberikan respon yang cukup baik atas stimulus yang diberikan guru mengenai pelajaran sebelumnya
Penguatan dari guru memang ada, tapi kalau menurut saya kurang kuat untuk menegaskan/meluruskan mengenai pelajaran sebelumnya
Transfer Belajar
       8.       Pemberian petunjuk retrieval




 9.     Generalisasi
Guru menilai tugas-tugas yang dikerjakan siswa mengenai pelajaran lalu, namun tidak menilai apa yang dijawab siswa secara langsung mengenai pelajaran lalu
Guru hanya memberikan contoh tanpa berusaha untuk memunculkan kinerja

Kesimpulan :
Menurut saya proses pembelajaran di sekolah SMK Tritechi hampir sama saja dengan sekolah biasa, hanya pada sekolah ini alat yang digunakan lebih canggih. Mungkin perbedaannya tidak terlihat karena waktu observasi yang sedikit dan observasi tidak dilakukan berkala pada tiap mata pelajaran.