Senin, 10 September 2012

PEMBAHASAN PSIKOLOGI BELAJAR : ALBERT BANDURA


NAMA KELOMPOK :
ALBERT BANDURA
       Teori Albert Bandura memfokuskan diri pada prinsip belajar melalui observasi perilaku model dan konsekuensi behavioral pada lingkungan sekitar.  Teori utama dari Albert Bandura yaitu teori kognitif – sosial yang berkaitan dengan hakikat proses belajar dan hasil belajar.
       Teori albert bandura tentang proses belajar melalui observasi dan modeling di lingkungan sekitar, akan semakin menguatkan pada proses pemahaman langsung yang diterima individu melalui apa yang dilihat dan dipelajari dari lingkungannya.Secara logika manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan mungkin terlepas dari manusia satu dengan manusia lainnya. Adanya interaksi dengan individu lain dan juga proses berhubungan dengan yang lainnya, akan menghasilkan proses pembelajaran dari hasil observasi dan modeling dengan individu lain.
           Melalui pengamatan dan modeling pada lingkungan, individu akan lebih mudah belajar pada apa yang mereka lihat dan amati. individu belajar meniru dan member respons pada apa yang mereka peroleh dari lingkungan mereka.  Sebagai contoh : bayi melakukan respons tertawa akibat dari melihat ibunya atau orang-orang disekitarnya tersenyum pada bayi. begitu juga dengan balita usia 4 tahun akan selalu meniru apa yang dilakukan oleh orang tua maupun orang lain disekitarnya, seperti cara makan, berpakaian dan lain-lain.
            Dengan demikian dari hasil diskusi kami bahwa lingkungan menjadi salah satu faktor utama untuk belajar dan dapat sebagai faktor membentuk kepribadian seseorang. manusia tidak akan pernah terlepas dari pengaruh lingkungan dan akan selalu ada proses belajar dan adaptasi yang dilakukan manusia untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Referensi : 
Gredler, Margaret E. (2011). Learning and Instruction Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar