Senin, 22 Oktober 2012

Review Jurnal Berkaitan dengan Teori Kognitif

Nama : Deasy Anggreini Pane

Nim : 09-008



Judul Jurnal : Penerapan model cooperative learning dalam meningkatkan aspek kognitif, afektif                       dan psikomotor siswa pada mata pelajaran IPS bagi guru-guru SD sekabupaten                                   Serang

Penulis : Susilawati

Instansi : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Abstrak  
            Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahasan dan keterampilan sosial, pengembangan ketiga aspek tersebut sangat diperlukan untuk diintegrasikan pada materi IPS. Oleh karena untuk dapat memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis, maka diperlukan keterampilan berkomunikasi melalui pembelajaran cooperative learning, karena ini dari pembelajaran kooperatif adalah terjalinnya komunikasi antar siswa, serta meningkatkan kemampuan dan wawasan guru dalam mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran IPS.
            Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes.
            Pembelajaran SDA dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada pembelajaran IPS, dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif, psokomotor siswa. Disarankan guru SD untuk menerapkan dan mengembangkan pembelajaran desain pendekatan “pembelajaran kooperatif” sebagai salah satu alternative pendekatan belajar konsep SDA dalam pembelajaran IPS.
 Kata kunci : cooperative learning

Latar Belakang
            Memiliki kemampuan ber-komunikasi, bekerjasama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk, di tingkat local, nasional dan global tertuang dalam tujuan Pendidikan Nasional dan Pendidikan IPS. Pengembangan pola kognitif dalam pembelajaran IPS yaitu pembinaan kecerdasan suatu ilmu pengetahuan yang mendalam. Seseorang yang cerdas harus memiliki kebijaksanaan atau kemampuan dalam berpikir dan bertindak. Untuk mengoptimalkan kompetensi peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan Nasional dan tujuan IPS salah satu caranya adalah melalui pembelajaran secara kelompok atau pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif member peluang kepada siswa agar mau mengemukaakn dan membahas suatu pandangan, memiliki motivasi yang tinggi karena dorongan dan dukungan rekan sebaya.

Tujuan dan Manfaat
            Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran IPS melalui model cooperative learning. Manfaat untuk menambah wawasan guru pada proses belajar megajar dengan metode cooperative learning serta meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada pembelajaran IPS melalui model cooperative learning.

Metode Penelitian
            Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK).

Hasil dan Pembahasan
1.      Untuk masalah ber-kaitan dengan kemampuan guru dalam mengembangkan aspek kognitif siswa, maka dilaksanakan melalui kegiatan tatap muka dengan penyaji, kemudian guru ditugaskan untuk membuat dan mengembangkan indicator yang disesuaikan dengan konsep SDA pada pembelajaran IPS dengan menggunakan kata-kata operasional yang terdapat pada aspek kognitif.
2.      Untuk masalah yang ber-kaitan dengan pembentukan kepribadian/bersikap yang baik dan kemampuan guru dalam mengembangkan aspek afektif siswa, guru tetap ditugaskan untuk membuat dan mengembangkan indicator yang disesuaikan dengan konsep SDA pada pembelajaran IPS dengan menggunakan kata-kata operasional yang terdapat pada aspek afektif.
3.      Untuk masalah yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengembangkan aspek psikomotor siswa, maka dilaksanakan melalui kegiatan lokakarya atau bengkel kerja.

1 komentar: